Prodi Ilmu Komputer USN Buteng Gelar Seminasik Keamanan Data dan Literasi Digital

0
213
Foto bersama Dekan, dosen, narasumber Seminasik dan puluhan peserta siswa-siswa berbagai sekolah tingkat SMA/SMK/MA dan ratusan mahasiswa Ilmu Komputer USN Kampus B, berlangsung di Aula USN Kolaka Kampus B Buton Tengah di Mawasangka, Jum'at (3/11/2023).

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Fakultas Teknologi Informasi Program Studi (Prodi) Ilmu Komputer Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Kampus B Buton Tengah (Buteng) melaksanakan Seminar Nasional Ilmu Komputer (Seminasik) tahun 2023.

Mengangkat tema “Urgensi Keamanan Data di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0”, seminar ini membahas grand issu topik terkini tentang keamanan data dan literasi digital
dengan menghadirkan narasumber seminar yakni, Katua Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari, Isnawaty, S.Si., M.T dan Divisi Project TECHNO’S STUDIO, Asih Setyorini, S.T.

Kegiatan Seminasik dihadiri puluhan peserta siswa-siswa berbagai sekolah tingkat SMA/SMK/MA dan ratusan mahasiswa Ilmu Komputer USN Kampus B, berlangsung di Aula USN Kolaka Kampus B Buton Tengah di Mawasangka, Jum’at (3/11/2023).

Dekan Fakuktas Teknologi Informasi USN Kolaka, Ir. Muh. Nurtanzis Sutoyo, S.Kom, mengatakan, tujuan Seminasik ini adalah memperkenalkan kampus kepada peserta siswa tingkat SMA. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memberi pengetahuan ilmu IT (Informasi Teknologi) yang saat ini berkembang pesat dan telah menjadi tulang punggung sebagai penunjang ilmu-ilmu lainnya.

Lanjut ia menjelaskan, tema Seminasik urgensi keamanan data di era revolusi 4.0 dan society 5.0 ini memberikan pengetahuan tentang cara bermedia sosial, menjaga keamanan data atau indentitas diri yang harus dilindungi dengan tidak mengumbar informasi pribadi, atau mengapload indentitas KTP ataupun indentitas pribadi lainnya yang dapat digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

“Seminasik akan menjadi agenda rutin tiap tahun Ilmu Komputer USN Buteng bertujuan memperkenalkan ilmu pengetahuan IT kepada peserta siswa-siswi tingkat SMA di Kabupaten Buton Tengah,” ucap Nurtanzis.

Menambahkan, Ketua Panitia, Dirman.S.Kom., M.Kom, menyampaikan, kegiatan Seminasik membahas tentang keamanan data dan literasi digital karena melihat isu berkembang saat ini, dimana di media sosial banyak sekali peristiwa menggiring masyarakat bahkan pemerintahan dalam kasus-kasus digital.

“Oleh karena masalah tersebut, Kampus USN Prodi Ilmu Komputer melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang urgensi keamanan data di era revolusi 4.0 dan society 5.0 kepada peserta siswa maupun mahasiswa,” katanya.

“Harapan kami pelaksanaan kegiatan dapat memberikan literasi kepada seluruh peserta bahwa menjaga keamanan data di era perkembangan digital saat ini sangat penting,” pungkasnya.**

Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini