Pj Bupati Buton Tengah Salurkan Bantuan CPP ke Warga Gu Timur

0
159
Pj. Bupati Buteng secara simbolis menyerahkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah kepada warga, Sabtu (30/9).

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, menyalurkan langsung bantuan ketahanan pangan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada warganya di Kelurahan GU Timur, Kecamatan Lakudo, Sabtu (30/9/2023).

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, mengatakan, bantuan beras ini merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional tahap ke II selama 3 bulan melalui Dinas Pangan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Di Kabupaten Buton Tengah yang memperoleh bantuan sebanyak 71.151 keluarga penerima manfaat dengan total bantuan beras 711.510 kg. Tiap keluarga mendapatkan 10 kg beras selama 3 bulan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, bantuan beras cadangan pangan pemerintah ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya pemerintah Buton Tengah membantu masyarakat kurang mampu.

“Saya berharap semoga bapak ibu penerima manfaat bantuan beras pemerintah ini dapat terbantu dan meringankan beban selama beberapa waktu kedepan,” ucap Andi dihadapan masyarakat Gu Timur.

Pria yang juga menjabat Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan Keuangan Daerah dan Desa Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) itu menyampaikan, saat ini di seluruh wilayah Indonesia mengalami dampak Elnino atau kekeringan, yang hingga kini berlangsung hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Foto bersama dengan penerima bantuan Cadangan Pangan Pemerintah

Selain itu, sebut Andi, Elnino mempengaruhi perubahan pola curah hujan dan suhu yang berdampak langsung ke pertanian masyarakat. Akibatnya para petani gagal panen dan membuat kebutuhan pangan berkurang.

“Imbasnya saat ini terdapat beberapa daerah penghasil padi mengalami kekeringan hingga menyebabkan gagal panen, yang berimbas pada naiknya harga gabah dan beras,” ungkapnya

“Dampak Elnino sangat signifikan pada kehidupan kita, salah satunya meningkatnya harga kebutuhan pangan terutama beras yang mengakibatkan banyak masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

Atas kondisi tersebut, tutur Andi, pemerintah pusat maupun daerah berupaya memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang berdampak kekeringan, seperti bantuan hari ini.

“Pemerintah pusat dan daerah akan hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka meringankan beban khususnya terkait dengan penyediaan pangan yang menjadi kewajiban,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penyaluran beras tahap ke II bantuan cadangan pangan pemerintah dihadiri Wakil Ketua I DPRD Buton Tengah, Adam, Kepala Dinas Pangan, Dinas Sosial, dan sejumlah kepala OPD, camat dan lurah Lakudo, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat penerima bantuan.

Selain itu pada Senin (26/6/2023) lalu, Dinas Pangan melaunching Gerakan Pangan Murah (GPM) yang merupakan program Badan Pangan Nasional yang di gelar secara serentak seluruh indonesia, bertempat di Kecamatan Lakudo. GPM diperuntukkan bagi masyarakat dengan menyediakan beras, telur, gula, bimoli dan bawang dibawah harga pasar. **(Adv)

*** Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini