Kantor Imigrasi Tarempa Gelar Operasi Gabungan Bersama Timpora di Wilayah Perairan Kepulauan Anambas

0
208
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa melaksanakan Operasi Gabungan bersama Timpora di wilayah perairan Kepulauan Anambas, Kamis (6/6)

Mandalapos.co.id, Anambas — Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa melaksanakan Operasi Gabungan Perairan pada wilayah perbatasan pulau terluar Indonesia di Laut China Selatan bersama instansi/aparat keamanan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis, 6 Juni 2024.

Adapun instansi yang ikut dalam kegiatan ini seperti, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa, Kepolisian Resor Anambas, Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Karantina dan Kesehatan Pelabuhan Tarempa, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tarempa, Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, Satuan Polisi Air dan Udara Anambas, Kepolisian Sektor Tarempa, Badan Intelijen Negara Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Kantor Bantu Bea dan Cukai Tarempa, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan Operasi Gabungan ini berawal dari hasil tindak lanjut rapat Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) sebelumnya yang bertujuan untuk menegakkan hukum masing-masing instansi sesuai dengan tusi yang diemban. Operasi ini dilaksanakan menggunakan kapal yang disediakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa, yakni Speed Boat Rhib Trimaran.

“Melalui Operasi Gabungan ini, kami berhasil melakukan identifikasi terhadap orang asing yang tinggal atau berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada pada wilayah perbatasan pulau terluar Indonesia di Laut China Selatan ini,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Tarempa, Bidpray Situmorang, dalam keterangan tertulisnya diterima mandalapos, Sabtu (8/6).

Diterangkan Bidpray, saat melakukan operasi gabungan ini tim mengelilingi wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di sekitar wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Beberapa kapal, ungkap Bidpray, ditemukan sedang berlabuh di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas, setelah dilakukan pengecekan, tidak terdapat pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh Orang Asing.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat serta mendukung dan berpartisipasi langsung dalam kegiatan Operasi Gabungan kali ini,” ucapnya.

Bidpray juga berharap kerjasama yang baik antar instansi di Kabupaten Kepulauan Anambas agar tetap terjalin baik, serta lebih ditingkatkan lagi koordinasi antar instansi guna mencegah potensi pelanggaran keimigrasian untuk menjaga ketertiban dan keamanan wilayah, demi terwujudnya lingkungan yang aman dan kondusif.*

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini