Festival Jongkong Layar Semarakan HUT ke-77 RI di Desa Nyamuk

0
1312

Mandalapos.co.id, Anambas — Menyemarakan HUT ke-77 Republik Indonesia, Kecamatan Siantan Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, kembali menggelar Festival Jongkong Layar (perahu layar).

Festival rutin tahunan yang digelar setiap tanggal 18 Agustus ini, menempatkan Desa Nyamuk sebagai tuan rumah.

Menurut Ketua Panitia Festival Jongkong Layar di Desa Nyamuk, Husrin, event kali ini merupakan yang ketiga kalinya digelar, dan diikuti oleh seluruh desa di Kecamatan Siantan Timur.

“Tahun ini seharunya diikuti 6 desa, tapi yang hadir 4 desa, jumlah peserta 11,” terangnya.

Husrin mengatakan para pemenang lomba perahu layar khas melayu ini akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan uang tunai.

“Total hadiah Rp12 juta,” sebutnya.

Adapun sumber biaya kegiatannya, ungkap Husrin, berasal dari swadaya masyarakat dan sumbangan para donatur.

Lanjut Husrin mengatakan, tujuan diadakannya festival tersebut selain untuk mengisi kemerdekaan, juga bertujuan membangkitkan peninggalan sejarah dan kebudayaan.

“Semoga bisa dilestarikan dan dijadikan ikon wisata Kecamatan Siantan Timur, untuk dikenal hingga ke level Nasional,” harapnya.

Husrin juga menilai, perhatian dari pemerintah daerah sangat positif untuk berkembangnya event tersebut. Bahkan katanya, Festival Jongkong Layar ini akan dimasukan ke dalam kalender wisata Kepulauan Anambas.

Mengamini perkataan Husrin, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan, sejak awal festival ini digelar pemerintah daerah selalu mendukung dan mendorong agar event tersebut dapat terselenggara secara rutin.

Lanjut kata Wan Zuhendra, Jongkong Layar merupakan sarana perekonomian masyarakat Kepulauan Anambas, jauh sebelum adanya pompong (kapal kayu) dan teknologi lainnya. Sehingga, kegiatan tersebut akan melestarikan kebudayaan lampau masyarakat Anambas.

“Selanjutnya pemda melalui kecamatan akan terus melestarikan event ini,” ujar Wan Zuhendra.

Sebagai informasi tambahan, juara pertama perlombaan jongkong layar diraih oleh Adi Adnan asal Desa Batu Belah, juara 2 diraih Nazaruddin asal Desa Nyamuk, juara 3 diraih Izam asal Desa Munjan, dan juara 4 diraih Edri asal Desa Munjan. ***Yahya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini