Dua Prajurit Lanal Tarempa Purna Tugas, Suasana Haru Warnai Pelepasan

0
245

Mandalapos.co.id, Anambas — Pangkalan TNI AL (Lanal) Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, menyelenggarakan Upacara dan Tradisi Wisuda Purna Tugas untuk dua Bintara Lanal Tarempa yang telah memasuki masa purna tugas, Senin (9/10/2023) di lapangan Napoleon Mako Lanal Tarempa.

Upacara wisuda purna tugas merupakan tradisi khas TNI AL untuk melepas Prajurit yang telah memasuki masa pensiun, hal ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan, sekaligus apresiasi dari dinas kepada prajurit yang telah memasuki masa purna bakti atas segala dharma baktinya, selama aktif menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut.

Dua Bintara Lanal Tarempa yang telah memasuki masa purna tugas itu adalah Serma (Purn.) Soleh dan Serma (Purn.) Abdul Wahab.

Memimpin langsung jalannya upacara, Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, pengabdian, serta dharma bakti kedua orang Purnawirawan dan juga kepada istri masing-masing, yang telah setia mendampingi tugas suami selama berdinas aktif sebagai prajurit TNI Angkatan Laut.

“Kepada Serma Purn. Soleh dan Serma Purn. Abdul Wahab, secara kedinasan, saudara sudah terbebas dari tugas dan tanggung jawab terhadap satuan, namun saudara masih terikat secara emosional dan jiwa korsa sebagai prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut, dan kepada istri Purnawirawan, Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan Ibu kepada suami selama berdinas aktif di TNI Angkatan Laut, saya berharap tetaplah seperti Jalasenastri yang tetap menjaga kehormatan diri dan keluarga serta senantiasa turut mendampingi suami kembali ke masyarakat,” tutur Danlanal.

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diisi dengan kesan dan pesan oleh kedua Purnawirawan, serta pemberian cinderamata dan tali asih di Aula gedung Napoleon Lanal Tarempa.

Danlanal juga berpesan kepada para Purnawirawan, Prajurit, PNS dan Jalasenastri di lingkungan Lanal Tarempa, bahwa pengabdian seorang Prajurit adalah pengabdian yang luar biasa, diawali sejak mendaftar dan diterima menjadi Prajurit yang dengan kesadaran dan sukarela mengabdikan hidup, jiwa, dan raganya untuk Bangsa dan Negara.

Sebagai penutup rangkaian tradisi, para Purnawirawan beserta Istri diantar oleh Komandan Lanal Tarempa dan Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IV DJA 1, melewati barisan jajar kehormatan seluruh Prajurit Lanal.

Dalam prosesi ini nampak suasana haru mengiringi langkah para Purnawirawan hingga memasuki kendaraan yang kemudian perlahan bergerak meninggalkan Markas Lanal Tarempa. ***

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini