Tembus 50 Besar ADWI, Wisata Kampung Blekok Situbondo Ditinjau Disbudpar Jatim

212
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim meninjau objek wisata Kampung Blekok Situbondo

Mandalapos.co.id, Situbondo- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto, melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau kesiapan tempat wisata Kampung Blekok mengikuti penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 (ADWI 2021), Sabtu (4/9/2021).

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Tutik Margiyanti, perwakilan DLH dan Kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sinarto memberikan kabar gembira bahwa wisata kampung blekok berlokasi di Desa Klatakan, Kabupaten Situbondo, masuk nominasi 50 besar ADWI tahun 2021 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Di Provinsi Jatim sendiri dibeberkan Sinarto,  ada 6 desa wisata yang mendapatkan penghargaan ADWI tahun 2021, yaitu Kampung Blekok dari Kabupaten Situbondo, Desa Wisata Sanankerto di Kabupaten Malang, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, dan Desa Wisata Serang di Kabupaten Blitar.

“Keunggulan desa wisata kampung blekok adalah memiliki nilai edukasi, karena ada habitat mangrove dan dikenalkan berbagai spesies burung blekok, sehingga menjadi pusat perhatian nasional,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Sinarto menyampaikan terkait saran pengembangan wisata kampung blekok diharapan membuka ruang komunikasi dan berkolaborasi baik dengan akademisi, media, komunitas, pemerintah dan pembisnis.

Untuk diketahui, destinasi wisata Kampung Blekok ini merupakan kawasan konservasi hutan bakau, yang saat ini luasnya mencapai 27 hektar, dan menjadi tempat ribuan burung air dari berbagai spesies, di antaranya blekok dan kowak malam abu .

***Alfino

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here