Hasnidar Sampaikan Pokok Pikiran DPRD dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Anambas Tahun 2024

0
671

Mandalapos.co.id, Anambas — Ketua DPRD Anambas, Hasnidar, menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2024, Selasa (28/3/23) di Aula Prof M. Zen lantai III Kantor Bupati Anambas.

Hasnidar mengatakan, peran DPRD dalam penyusunan rencana pembangunan daerah sebagaimana diatur dalam permendagri nomor 86 Tahun 2017 dalam penyusunan rancangan awal RKPD, DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses.

“Dalam penyusunan rancangan awal RKPD, DPRD memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses dan penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan, dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan, yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Tentang RPJMD dan akan menyampaikan dokumen pokok pikiran DPRD Kepulauan Anambas kepada pemda,” terangnya.

Lanjut dikatakan Politisi PPP itu, Musrenbang yang dilaksanakan tersebut adalah tahap akhir untuk menyatukan dan menentukan berbagai program prioritas kegiatan dengan proses cukup panjang, mulai dari proses musrenbang tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, forum opd, dan penyampaian pokok pokok pikiran DPRD.

“Diharapkann kita tetap selektif dalam menentukan skala piroritas pembangunan berkelanjutan ke depan. Untuk itu diperlukan sinkronisasi perencanaan dan kekuatan dukungan anggaran agar hasil didapat lebih tepat sasaran di masa depan,” tuturnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah daerah, sebut Hasnidar, DPRD berharap agar musrenbang tingkat kabupaten bisa menyentuh masalah yang ada di dalam masyarakat Anambas dengan prioritas pembangunan yang ada yaitu, pemantapan kualitas SDM yang sehat, unggul dan berdaya saing, pengembangan dan pemanfaatan sumber daya ekonomi dan investasi daerah, peningkatan infrastruktur dasar dalam mendukung perekonomian daerah, peningkatan tata kelola pemerintah, dan stabilitas sosial keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Menurut Hasnidar, hal itu akan berdampak langsung pada perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan pada seluruh lapisan maasyarakat Anambas, sekaligus untuk mewujudkan visi menuju Kepulauan Anambas sebagai kabupaten maritim yang berdaya saing, maju, dan berakhlakul karimah.**

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini