DPRD Buteng Bersama Pemda Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

0
355
Ketgam : Suasana Rapat Paripurna mendengarkan Pidato Presiden RI

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah, mengelar rapat paripurna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Aula Rapat DPRD di Lakudo, Rabu (16/8/2023).

Rapat paripurna dipimipin langsung oleh Ketua DPRD Buteng Bobi Ertanto, serta dihadiri unsur pimpinan dan 25 Anggota Dewan.

Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto mengawali sambutan menyampaikan, HUT Republik Indonesia yang ke 78 dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”
menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa, untuk melaju bersama mewujudkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi melanjutkan gerakan pembangunan negara dengan aksi nyata.

Politisi PDIP asal Kecamatan Talaga Raya ini menuturkan, prosesi peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah ikhtiar untuk menyatakan bahwa kita bukanlah sebuah generasi yang durhaka kepada sejarah, tetapi kita adalah sebuah generasi yang memiliki rasa hormat terhadap apa yang dilakukan oleh para pendahulu.

“Melalui peringatan HUT kemerdekaan secara langsung kita semua memuliakan perjuangan para pendahulu kita serta menghormatinya dengan ketakziman yang penuh. Sejarah adalah tempat kita berguru dan memperbaiki keadaan, jika sejarah mengabarkan tangisan kepedihan maka kita hari ini harus menggantinya dengan tawa kebahagiaan, jika dalam sejarah menyebutkan perpecahan maka hari ini kita harus marekat persatuan dan persaudaraan dan jika sejarah mengabarkan kegemilangan maka kita harus melanjutkannya,” ucap Bobi Ertanto.

“Marilah kita mewujudkan kemerdekaan yang menyeluruh tidak hanya saja dalam konteks bernegara semata, namun juga dalam konteks individu dan masyarakat sebagai pengisi sebuah negara. Karena kemerdekaan ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, melainkan sebagai jembatan emas yang akan mengantarkan bangsa Indonesia mewujudkan cita-citanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf dalam sambutannya mengatakan, peringatan 17 Agustus tahun 2023 ini adalah momentum hari bersejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang saat ini sudah berjalan Tujuh Puluh Delapan Tahun perjalanan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, saat menyampaikan sambutan. (Foto : Istimewa)

Lebih lanjut, menjelang peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan adalah waktu yang tepat bagi segenap bangsa Indonesia menundukkan hati dan pikiran mengucap syukur ke hadirat Allah SWT, seraya melakukan perenungan akan apa yang telah, sedang dan kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan dengan harapan bersama menjadikan bangsa Indonesia yang maju, sejahterah, aman dan bermartabat sesuai cita-cita kemerdekaan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Diungkapkan Andi Yusuf, tema HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” mencerminkan semangat dan tekad Bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan. Tema ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

“Tema ini mengandung pesan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak belah disia-siakan dan harus terus dipertahankan dengan jujur, tanggung jawab, dan cerdas. Tema ini juga mengingatkan perjuangan Bangsa Indonesia belum berakhir dan masi banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan bersama-sama,” ujar Andi Yusuf.

Sebagai warga Kabupaten Buton Tengah, orang nomor satu di daerah sebutan Negeri 1000 Goa itu mengharapkan, harus memiliki tugas, peran, dan tanggungjawab yang sama, khususnya dalam membangun dan memajukan daerah tercinta sesuai kapasitas masing-masing.

“Apapun profesi kita, semua adalah bagian yang tak terpisahkan dari daerah ini, yang bila disatukan bagaikan sebuah musik orkestra yang saling melengkapi satu dengan lainnya. Untuk itu, masing-masing hendaknya memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk melaksanakan peran dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Olehnya itu, di usianya yang ke 9 tahun Kabupaten Buton Tengah tahun 2023 ini, Pemda Buton Tengah telah banyak upaya yang dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, walaupun masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan sekarang dan masa yang akan datang.

“Harapan kita bersama dengan visi, misi dan program kegiatan didasari komitmen kuat untuk bekerja keras, cerdas dan ikhlas dapat mewujudkan beberapa hal yang menjadi perhatian kita saat ini, seperti peningkatan kualitas SDM, penurunan angka kemiskinan, peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan angka stunting,” paparnya.

“Untuk mencapai target tersebut tidak mudah, harus dibarengi dengan memanfaatkan segala potensi yang ada dan kebersamaan kita dalam berjuang memerdekakan negeri ini dapat kita teladani dan memacu semangat untuk terus membangun daerah,” sambungnya.

Andi Yusuf pun menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada perintis pejuang kemerdekaan Indonesia. Serta mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Buteng atas kebersamaan selama ini dalam membangun negeri tercinta Buton Tengah.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat Buton Tengah yang telah berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan peringatan HUT proklamasi kemerdekaan di Kabupaten Buton Tengah dengan berbagai kegiatan dengan penuh semangat persaudaraan dan kebersamaan,” ucapnya.

“Selamat memperingati HUT ke 78 kemerdekaan RI tahun 2023 untuk seluruh lapisan masyarakat Buton Tengah. Mari terus lanjutkan gotong royong, kolaborasi dan sinergitas demi mewujudkan Buton Tengah maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Rapat paripurna ini turut dihadiri Sekda Buteng, para staf ahli, asisten, kepala OPD, camat, lurah, dan kepala desa, serta undangan yang hadir Kapolres, Danramil Buton Tengah, Ketua KPU, Ketua Koni, perwakilan parpol, ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat. ****(Advertorial)

***Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini