Di Konferensi Internasional SeaBRnet, Haliana Ajak Negara Biosfer Tangani Isu Lingkungan Dunia

0
28
Konferensi Internasional Southeast Asian Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-15 tahun 2024 secara resmi dibuka, Selasa (30/4) di aula Patuno Beach and Resort, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi. (Foto: Diskominfo/Wakatobi TV)

Mandalapos.co.id, Wakatobi –  Konferensi Internasional Southeast Asian Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-15 tahun 2024 secara resmi dibuka, Selasa (30/4) di aula Patuno Beach and Resort, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi.

Di tahun ini, SeaBRnet mengangkat tema “Optimizing Multi-stakeholders Collaboration For Biodiversity conservation and Socio-economic Resilience in Biosphere Reserves”. Kegiatan ini diikuti oleh perhimpunan cagar biosfer dari sembilan negara se-Asia Tenggara.

Bupati Wakatobi, Haliana, mengatakan, pelaksanaan the 15th SeaBRnet meeting di Wakatobi adalah sebuah kehormatan dan kepercayaan bagi mereka. Tema tersebut selaras dengan visi Kabupaten Wakatobi 2021-2026 yaitu Wakatobi menjadi Kabupaten Konservasi Maritim Yang Sentosa.

“Mari memperkuat jaringan kolaboratif regional ini, untuk berkontribusi lebih pada penanganan isu lingkungan dunia saat ini “triple planetary crisis, yaitu perubahan iklim, polusi dan degradasi lingkungan serta kehilangan keanekaragaman hayati,” ujarnya dikutip dari kabarwakatobi.

Lanjut Haliana, pertemuan itu akan fokus pada kemajuan rencana aksi (Renaksi) lima PERU dan persiapan kontribusi untuk kongres cagar biosfer dunia ke-5, yang direncanakan akan dilaksanakan di Hangzhou, China pada tahun 2025.

“Selain itu, kita juga akan meluncurkan inisiatif baru bertajuk “Sustaining Our Oceans: Building Healthy Relationships With Oceans In Wakatobi Br Through Education For Sustainable Development (ESD),”pungkasnya.*

*Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini