Daeng Amhar Dorong Petani Natuna Terus Berinovasi Kembangkan Pertanian Daerah

0
71

Mandalapos.co.id, Natuna – Pemerintah Desa AirMali menggelar kegiatan panen raya cabai perdana hasil pertanian dari Kelompoktani cabaibinaan desa. Kegiatan itu dihadiri sejumlah pejabat daerah dan anggota legislatif Kabupaten Natuna, yakni Wakil Bupati, Ketua DPRD, Anggota Komisi III DPRD,Kepala Dinas PMD dan sejumlah kepala OPD lainnya, Kamis (02/11/2023) siang.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar dan Wabup Natuna, bersama-sama melakukan pemanenan cabai perdana tersebut.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun terlihat sangat senang melihat suburnya cabai yang akan dipanen. Ia pun berharap, dengan adanya pertanian cabai di Desa Air Mali, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

“Terutama bagi para Ibu-ibu, ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi keluarganya. Minimal dapat membantu untuk membeli kebuhan dapur,” ujar Daeng Amhar.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Natuna I itu berharap, pertanian cabai yang digarap oleh kelompok tani di Desa Air Mali dapat berlanjut hingga ke depan.

“Saya berharap kedepan hasil panennya semakin melimpah. Syukur-syukur bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Natuna. Sebab di saat-saat tertentu, cabai di Pasar Ranai sering putus, dan pedagang harus mendatangkan cabai dari luar daerah. Kalau petani kita bisa mandiri dan tekun, saya yakin kedepan tidak perlu lagi kita mendatangkan hasil pertanian dari luar daerah,” harap Daeng Amhar.

Daeng Amhar juga mendorong kepada para petani di Natuna, khususnya petani di Desa Air Mali, untuk terus berinovasi mengembangkan sektor pertanian daerah, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan (Hanpangan) di Kabupaten Natuna.

Sementara itu Kepala Desa Air Mali, Supriadi, menjelaskan, bahwa kelompok tani cabai di Desa Air Mali, merupakan binaan dari Pemerintah Desa Air Mali.

Kata Supriadi, kegiatan ini merupakan program peningkatan produksi tanaman pangan yang dibiayai dari APBDes Air Mali tahun anggaran 2023, sebesar Rp 73.010.000.

“Harapan kita program ini dapat membantu perekonomian masyarakat, serta dapat memenuhi kebutuhan pangan di Kelarik, khususnya di Desa Air Mali,” ujar Supriadi.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Cabai Desa Air Mali, Harun Nurasyid, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, dan juga kepada Pemerintah Desa Air Mali, karena telah memberikan perhatian kepada masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian di Desa mereka.

“Alhamdulillah, berkat adanya pembinaan terhadap kelompok tani cabai, kami berhasil melakukan panen perdana. Mudah-mudahan kedepan pertanian yang kami lakukan ini dapat berkembang dan memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi kami masyarakat kecil,” tutur Harun Nurasyid. *(ADVERTORIAL DPRD NATUNA)-(ALFIAN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini