AKBP Dodik Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Mapolres Wakatobi

0
60
Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro, memimpin upacara peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di halaman Polres Wakatobi, Senin (20/5/2024). (Foto: dok. Polres Wakatobi)

Mandalapos.co.id, Wakatobi – Kapolres Wakatobi, AKBP Dodik Tatok Subiantoro, memimpin upacara peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di halaman Polres Wakatobi, Senin (20/5/2024). 

Upacara tersebut turut dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres Wakatobi, Kapolsek, serta seluruh personel Polres Wakatobi. Harkitnas tahun ini mengusung tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”.

Membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Kapolres Wakatobi menuturkan, dengan kemajuan teknologi yang dinikmati hari ini, tidak boleh melupakan jasa para pahlawan seperti Budi Utomo yang luar biasa dalam  memperjuangkan bangsa ini. Begitupula tokoh perempuan seperti Kartini yang juga sangat berjasa bagi bangsa ini.

Kapolres juga menyoroti sejarah berdirinya organisasi pergerakan awal Budi Utomo (BU), yang lahir dari gagasan Dr. Wahidin Soedirohoesodo. Diungkapkannya organisasi ini didirikan untuk membantu membiayai pendidikan pemuda Bumiputra yang cerdas, namun tidak mampu melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya. 

“Tanggal berdirinya Budi Utomo kini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Dari sejarah ini, kita belajar bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional adalah momentum untuk bangkit dan bersatu dalam membangun bangsa,” ujarnya. 

Semangat kebangkitan, lanjut Kapolres, mengajarkan untuk selalu melihat ke depan serta menghadapi tantangan dan persoalan dalam menjaga keutuhan dan ketangguhan bangsa. 

Upacara ini berlangsung khidmat, menggugah semangat para peserta untuk terus mengenang jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka demi kemajuan Indonesia. *

*Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini