KKP Lakukan Mutual Check Nol Pembangunan Dermaga Apung Senilai Rp2 Miliar di Desa Belibak

0
283

Mandalapos.co.id, Anambas — Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (Dit.P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, menggelar kegiatan sosialisasi dan Mutual Check Nol (MC-0) di Desa Belibak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa, 23 Mei 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan, sehubungan dengan dilaksanakannya pembangunan prasarana dermaga apung/tambat labuh di Desa Belibak.

Kepala Desa Belibak, Marzuki, mengatakan, kedatangan rombongan dari Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP tersebut, sekaligus untuk meninjau progres awal pembangunan yang telah dimulai sejak bulan April lalu.

Marzuki mengungkapkan, Desa Belibak sangat beruntung mendapatkan bantuan pembangunan dermaga apung dari KKP. Pasalnya, program pembangunan prasarana dermaga apung/tambat labuh di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil oleh KKP di tahun 2023 ini, hanya dilakukan di 2 tempat, yakni di Desa Belibak Kepulauan Anambas dan daerah Mamuju Sulawesi Barat.

Lanjut dikatakan Marzuki, para pejabat dari Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP itu juga menitipkan pesan kepada masyarakat, untuk ikut mengawasi jalannya pembangunan.

“Intinya mereka minta dipantau juga, ditengok, diawasi pembangunannya dan dipelihara, supaya benda ini bermanfaat bagi masyarakat,” sebut Marzuki saar dihubungi mandalapos.

Selain berpesan ke masyarakat, ungkap Marzuki, KKP juga meminta kepada kontraktor untuk mengerjakan pembangunan dermaga apung tersebut sesuai dengan spesifikasi dan perencanaannya.

Memanfaatkan kesempatan itu, Marzuki pun menyampaikan harapannya agar masyarakat Desa Belibak ikut dipekerjakan dalam proyek pembangunan dermaga apung tersebut.

“Memang sudah ada beberapa, tapi belum banyak,” ucapnya.

Masih kata Marzuki, ke depan dirinya akan kembali mengusulkan bantuan ke Kementerian KKP, yakni berupa kapal atau pompong penjaga pantai.

“Ke depan kami akan mengusulkan proposal kapal penjaga pantai untuk menjaga karang-karang di laut kami yang sudah terjaga dengan baik,” bebernya.

Sebagai informasi, permbangunan dermaga apung oleh Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KKP di Desa Belibak, Kabupaten Kepulauan Anambas, menelan anggaran sebesar Rp2,073 miliar.

Kegiatan tersebut dikerjakan oleh CV. Yudha Pratama yang berdomisili di Desa Batu Belah, Kepulauan Anambas, mulai 10 April hingga 6 September 2023. ***

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini