Kabar Gembira, Pemkab Buteng Bakal Buka Rekrutmen ASN Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024

0
686
Malik, Analisis Data dan Informasi BKPSDM Buton Tengah, ditemui usai kegiatan rapat koordinasi pembahasan usulan CASN. (Foto : Ahmad Subarjo)

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat yang menangani kepegawaian lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng), melaksanakan rapat kordinasi membahas usulan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, berlangsung di ruang rapat kantor Bupati, Rabu (10/1/2024).

Rapat ini digelar berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Repbulik Indonesia (PANRB RI) Nomor : B/3540 M.SM.01.00/2023 Tahun 2023 perihal usulan jumlah kebutuhan ASN Tahun 2024.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton Tengah melalui Analisi Data dan Informasi, Malik, mengatakan, rapat koordinasi pembahasan usulan kebutuhan penerimaan CASN tahun 2024 ini, merupakan tindaklanjut penyampaian resmi rekrutmen pengadaan ASN sebanyak 2,3 juta formasi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat, 5 Januari 2024.

“Pemerintah tiap daerah sudah dapat mengusulkan dan menyusun menghitung jumlah kebutuhan formasi CPNS dan PPPK. Tahun 2024 ini, secara keseluruhan kebutuhan CPNS daerah di seluruh Indonesia sebanyak 483.575 untuk formasi teknis, sedangkan kebutuhan PPPK sebanyak 1.383.758 terbagi tiga jenis jabatan yakni 419.146 formasi guru, 417.196 tenaga kesehatan, dan 547.416 formasi teknis,” ucap Malik kepada Mandalapos, ditemui usai kegiatan.

Lanjut Malik menuturkan, penyusunan pengadaan jumlah ASN ada pada OPD masing-masing yang menghitung kebutuhan dengan melihat kualifikasi pendidikan dan kebutuhan jabatan apa saja yaitu fokusnya pada analisis jabatan dan analisis beban kerja (Anjab ABK).

“Jadi pertemuan awal hari ini sebatas penyampaian informasi terkait teknis pengarahan kebutuhan istansi tiap OPD. Dan hasil rapat ini belum menentukan jumlah atau angka kebutuhan formasi yang dibutuhkan,” kata Malik

“Ini masi kordinasi awal dan akan ada pertemuan lanjutan. Mengenai rekrutmen ASN tahun 2024 Pemkab Buteng dipastikan akan ada karena ini kebijakan pusat dari PANRB,” pungkasnya.

Berikut pernyataan Presiden RI Joko Widodo dikutip dari halaman resmi setkab.go.id, terkait Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, 5 Januari 2024.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

Menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat, pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah. Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang, yang tersebar di instansi pusat 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu.

Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, dimana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai PPPK. Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan, sehingga tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara sebanyak 2,3 juta formasi.

Melalui kesempatan ini, saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik.*

*Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini