Hadiri HUT DWP Ke-24, Pj Bupati Buteng : Dharma Wanita Memiliki Peran Strategis Mendukung Program Nasional

0
121
Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf, saat menyampaikan sambutan pada acara HUT DPW ke 24. (Sumber : Kominfo)

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Andi Muhammad Yusuf, mengatakan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) diyakini mampu menjadi organisasi yang mandiri, dengan visi menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, mengambil peran aktif dan strategis dalam pembangunan bangsa, serta semakin diperhitungkan kontribusinya dalam menyukseskan program nasional. 

Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri perayaan HUT ke-24 DWP tingkat Kabupaten Buton Tengah, berlangsung di Aula Gedung Kesenian Lakudo, Jum’at (8/12/2023).

Andi Yusuf mengatakan, HUT DWP ke -24 Tahun 2023 dengan tema “Peran Strategis Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan” memiliki makna, bahwa Dharma Wanita memiliki peranan strategis dalam mendukung kelangsungan dan suksesnya pembangunan yang dilakukan pemerintah, serta berperan penting dalam menunjang tugas suami sebagai ASN.

“Seorang istri memiliki peran penting sebagai penunjang suami, sehingga ada istilah tidak ada suami yang hebat tanpa didampingi peran dari seorang istri yang hebat,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Buton Tengah ini juga mengajak kepada segenap pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan untuk menjadikan peringatan hari ulang tahun ke-24 ini sebagai jembatan untuk bersinergi antara satu dengan lainnya. Ia berharap DWP bisa berkiprah dalam membawa perubahan ke arah lebih baik bagi keluarganya.

“Sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik khususnya kiprah dan peran sebagai ketahanan keluarga, dan juga dalam mendukung peningkatkan kinerja suami,” ucapnya.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara memiliki tugas yang berat, karena selain dituntut disiplin kinerja yang tinggi, ASN diminta untuk dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan anggota DWP selaku pendamping suami untuk senantiasa memberikan dukungan dan doa agar suami di kantor bisa bekerja dengan optimal dan amanah,” sambungnya..

Lanjut ia menuturkan, di era emansipasi ini banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan sebagai istri maupun ibu. Dan kesempatan tersebut  terbuka seluas-luasnya bagi perempuan untuk maju dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman.

“Perempuan mampu memberikan pendidikan karakter sejak dini dan menyiapkan mental anak di era globalisasi, sesuai dengan harapan R.A Kartini bahwa organisasi wanita dibentuk untuk memajukan pendidikan karakter bangsa khususnya generasi muda,” katanya.

Pj Bupati bersama Ketua TP PKK (tengah) bersama seluruh anggota pengurus DPW Kabupaten Buton Tengah (Sumber : Kominfo Buteng)

Andi Yusuf pun berharap agar DWP bisa menjadi motivator aktif di masyarakat dalam menjaga kualitas dan ketahanan keluarga, serta dapat membantu program Pemerintah Kabupaten Buton Tengah mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara adil.

“DWP memiliki peran strategis mendukung program nasional khususnya dalam penurunan angka stunting serta pengendalian inflasi dengan menggalakkan gerakan menanam di pekarangan rumah,” ungkapnya.

Masih kata Andi Yusuf, Selain itu, istri sebagai pendamping suami juga mempunyai peran sebagai seorang ibu yang juga harus mendidik anak-anaknya supaya kelak berhasil dan berpotensi menjadi anak yang saleh, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat.

Terakhir, Andi Yusuf, mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buton Tengah yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Saya meyakini bahwa DWP adalah organisasi yang solid saat ini, dengan sejarah dan kiprah yang panjang menjadi organisasi perempuan sebagai salah satu pilar masyarakat yang penting, hingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam kemajuan keluarga dan masyarakat,” ucapnya.

“Selamat ulang tahun ke 24, jayalah Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Buton Tengah,” pungkasnya. *(ADV)

Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini