Gantikan Syafrilis, Aniza Ucapkan Sumpah Janji Sebagai PAW Anggota DPRD Anambas

0
411

Mandalapos.co.id, Anambas — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah Janji Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Anambas sisa masa jabatan tahun 2019 – 2024, Jumat (12/1/2024).

Jalannya paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua 1 DPRD KKA, Syamsil Umri, dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas dan para Anggota DPRD Kepulauan Anambas.

Adapun PAW Anggota DPRD Anambas yang diambil sumpah janjinya adalah Aniza. Dia menggantikan Anggota DPRD Anambas Dapil II dari Fraksi Demokrat, Syafrilis, yang telah meninggal dunia.

Membuka paripurna, Wakil Ketua I DPRD KKA, Syamsil Umri, menerangkan, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2012 tentang pedoman tata tertib DPRD pasal 114 ayat 1, PAW sebelum memangku jabatan harus mengucap sumpah janji yang dipandu pimpinan DPRD.

“Sumpah janji pada hakekatnya adalah tekad memperjuangkaan aspirasi rakyat yang diwakilkan dan memegang teguh pancasila dan menegakan UUD 45 dan peraturan perundang-undangan,” ujar Umri.

Lanjut dijelaskan Umri, sesuai Pasal 109 ayat (1) menyatakan bahwa Anggota DPRD yang berhenti antarwaktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 99 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara, dari partai politik yang sama dan pada daerah pemilihan yang sama.

Sementara itu ditemui usai pelantikan, PAW Anggota DPRD Kepulauan Anambas dari Fraksi Demokrat, Aniza, mengaku sangat terharu ketika mengikuti paripurna pengucapan sumpah janji di DPRD Kepulauan Anambas yang berjalan dengan khidmat.

Apalagi katanya, PAW ini dilakukan untuk menggantikan Syafrilis yang telah meninggal dunia.

“Saya akan meneruskan program misi visinya almarhum, agar programnya bisa berjalan dan sekaligus akan membesarkan partai yang mana saya sudah dipercaya untuk mewakili Partai Demokrat di parlemen,” ujarnya.

Aniza juga membeberkan, dirinya turut serta dalam pencalonan anggota legislatif Kepulauan Anambas pada Pemilu 2024 dari daerah pemilihan II.

“Kepada masyarakat saya minta dukungan dan doa restunya,” ucapnya.

*(ADVERTORIAL)

*YAHYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini