Banyak Buat Program Pro Rakyat, Kades Batu Belah Dipuji Bupati Anambas

0
632

Mandalapos.co id, Anambas — Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, meresmikan Taman Batu Bertuah dan menyerahkan beragam bantuan program Pemerintah Desa Batu Belah, Kamis, 18 Mei 2023.

Adapun program bantuan yang ikut diserahkan dalam kegiatan tersebut seperti, operasional Kader Desa Siaga, operasional Kader Posyandu, insentif guru TPQ, operasional PAUD, bantuan seragam PAUD Kasih Bunda, dan BLT Dana Desa periode bulan Mei.

Dalam sambutannya, Kades Batu Belah, Babandi, mengucapkan terimakasih karena Bupati Anambas dan rombongan bisa hadir untuk meresmikan program kegiatan desanya.

Lanjut Babandi mengatakan, peresmian Taman Batu Bertuah ini merupakan komitmen pemerintah desa didukung masyarakat, dalam rangka mendukung Anambas menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Selain itu ungkap Babandi, pembangunan taman yang menjadi kebanggaan Desa Batu Belah itu untuk mempermudah akses masyarakat dalam memberikan hiburan kepada anaknya.

“Sebelum ini kami kalau nak nyenangkan hati anak, tujuannya ke Taman Bermadah Tarempa, kalau ke sana yang kena pasti biaya transportasi roro. Kemudian keselamatan di perjalanan, dan waktu orang tua yang terbuang karena harus ke Tarempa dulu,” sebutnya.

Babandi pun bersyukur taman yang menyerap anggaran Dana Desa Batu Belah tahun 2022 dan 2023, dengan total anggaran sekitar Rp250 juta itu kini sudah selesai.

“Kita liat bersama berkat kerjasama masyarakat barang ni lah jadi. Cuma satu saya pesan ke bapak ibu, bende ini bukan bende murah dan payah kita dapat, tolong dijaga,” pesan Babandi.

“Alhamdulillah 2-3 minggu lalu dampak positif taman ini ada. Saat saya meninjau ada anak-anak SD kerja kelompok di gajebo yang saya buat di taman ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Anambas Abdul Haris, dalam sambutannya mengaku bersyukur karena desa diberikan hak otonomi untuk mengelola anggaran yang bersumber dari pusat dan daerah. Sehingga, desa bisa menggunakan anggaran tersebut untuk kepentingan masyarakat.

Meski demikian sebut Haris, di Indonesa tidak semua kepala desa atau pemerintah desa memberikan perhatian ke desanya dan masyarakatnya.

“Oleh karena itu kita harus bersyukur dan berterimakasih kepada Kades Batu Belah dan Pemerintah Desa Batu Belah, yang bisa berinovasi dan memberikan kesejahteraan ke masyarakat,” ucap Haris memuji.

Haris pun mengajak Masyarakat Desa Batu Belah bersyukur dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Desa Batu Belah di bawah kepemimpinan Kades Babandi. Sebab menurut Haris, tidak seluruh kades memiliki manajemen membangun desa, agar desanya berkembang dengan baik.

“Semua itu kalau tak didukung masyarakat tak mungkin bisa terlaksana dengan baik. Alhamdulillah Batu Belah dengan program yang banyak, dan realitanya bisa kita rasakan manfaaatnya. Contoh terbangunnya Taman Batu Bertuah, kalau tunggu APBD saya kira entah kapan terbangun, karena APBD terbatas,” sebut Haris.

Haris menilai, untuk setingkat desa pembangunan Taman Batu Bertuah sangat luar biasa hebat.

Selain itu, Haris juga memuji program bantuan Desa Batu Belah kepada PAUD, guru TPQ, dan masyarakat, yang menurutnya harus terus dilanjutkan.

“Ini harus diteruskan apalagi menyangkut insentif guru ngaji TPQ, kita harus komitmen memberi yang terbaik kepada ustaz dan ustazah karena sumber daya spiritual harus digalakan. Saya harap kepala dinas terkait bisa memberi apresiasi dan mendata, kalau ada kelonggaraan anggaran kenapa tidak semua desa dibuat seperti ini,” tutur Haris.

Menilai kinerja Kades Babandi sangat baik, Bupati Haris pun tak segan-segan mengajak masyarakat Desa Batu Belah kembali memilih sosok Babandi, ketika mencalonkan diri sebagai kades.

“Saya yakin sudah ada di pikiran beliau (Babandi) untuk membangun hal lainnya di Batu Belah,” ujar Haris.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini