Libur Nataru, Arus Penumpang Pelabuhan Sri Tanjung Gelam Karimun Alami Peningkatan

0
112

Mandalapos.co.id, Karimun –– Arus penumpang di pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Kabupaten Karimun, mengalami peningkatan sejak 22 Desember 2023 lalu.

Kepala Pos KSOP Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Achmad Zaliansyah, mengatakan, bahwa pada hari normal biasanya penumpang hanya mencapai 1000 hingga 1100 orang per hari. Namun, mulai tanggal 22 Desember hingga 24 Desember, arus penumpang melonjak mencapai 2300 orang per hari. Kemudian pihaknya juga mencatat arus penumpang kembali turun menjadi 1700 orang pada 25 Desember.

Kendati demikian, Achmad Zaliansyah meyakini bahwa lonjakan arus penumpang masih terus terjadi sampai puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) hingga 31 Desember 2023

“Terhadap arus masuk dan keluar kita dari pihak KSOP terus melakukan pengawasan baik pendataan penumpang untuk disesuaikan dengan manifest dan juga terhadap barang-barang bawaan,” papar Achmad kepada awak media, Selasa (26/12).

Ditambahkannya bahwa untuk keselamatan para penumpang dan kapal, pihaknya senantiasa mengimbau kepada operator dan agen kapal agar mengikuti SOP keselamatan pelayaran dan melengkapi alat-alat keselamatan.

“Demi menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran khususnya dalam rangka natalan dan tahun baru, pihak KSOP senantiasa mengimbau kepada agen kapal, operator dan juga para penumpang agar mematuhi SOP keselamatan pelayaran sebelum berangkat, selama perjalanan bahkan sampai tempat tujuan. Hal ini kami imbau dengan turun langsung sampai ke dalam kapal untuk pemberitahuan hal-hal tersebut demi keselamatan pelayaran,” terangnya.

Lanjut Achmad menyampaikan, untuk mengantisipasi agar kapal penumpang tidak membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas, pihak KSOP telah menyediakan sebanyak 5 kapal angkutan untuk cadangan.

” Untuk antisipasi over muatan, kita telah standbykan sebanyak 5 kapal cadangan,” pungkasnya. *

**(M Saputra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini