Terima Bantuan Program Kosabangsa, Desa Balobone Buteng Bakal Menjadi Desa Maju

0
523
Azhar Aras Mubarak menyerahkan secara simbolis berkas bantuan mesin program Kosabangsa diterima lansung Kades Balobone.

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Desa Balobone di Kecamatan Mawasangka menjadi satu-satunya desa yang terpilih di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sebagai penerima program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) tahun 2023.

Perdana dilakukan di Buteng, program Kosabangsa merupakan program pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) yang dilakukan oleh Tim Dosen Pelaksana Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) bekerja sama dengan Tim Dosen Pendamping dari Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Terpilih sebagai mitra, Desa Balobone mendapatkan 9 program unggulan yang telah di sosialisasikan oleh tim dosen serta mendapatkan bantuan mesin, di antaranya :

  1. Pelatihan dan bantuan mesin pembuatan alat pengering rumput laut dan kopra.
  2. Bantuan 2 unit kapal/viber pengangkut rumput laut.
  3. Pelatihan dan bantuan mesin pembuatan briket dari limbah kelapa.
  4. Pengenalan alat pengemasan produk.
  5. Bantuan mesin pembuatan olahan dari rumput laut.
  6. Pelatihan tata kelola administrasi dan organisasi.
  7. Pelatihan pembuatan kripik.
  8. Workshop dan bantuan mesin pengelasan.
  9. Seminar kewirausahaan.

Ketua Tim Pelaksana, Azhar Aras Mubarak, S.T.,M.T, mengatakan, program Kosabangsa bertujuan untuk pengembangan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di desa dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lanjut kata dia, program Kosabangsa yang dilakukan tim dosen USN Kolaka dan tim dosen Unima Manado, merupakan wujud kontribusi nyata insan perguruan tinggi melalui program Ditjen Diktiristek yang langsung diaplikasikan ke masyarakat.

“Melalui program-program kerja Kosabangsa yang telah dilakukan oleh tim, diharapkan potensi desa yang dimiliki Desa Balobone dapat terkelola dengan baik, sehingga ke depan dapat melahirkan bibit-bibit kewirausahaan yang dapat menciptakan pengusaha- pengusaha baru di desa dan dapat mampu menjadi solusi alternatif peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat,” ucapnya kepada awak media Mandalapos ditemui saat penyerahan bantuan mesin kepada masyarakat Balobone, Kamis (13/12/2023).

Ketgam : Foto bersama kelompok masyarakat Desa Balobone dan tim dosen USN Kolaka.

Ia menambahkan, terpilihnya Desa Balobone oleh tim, karena melalui pertimbangan dan melihat potensi desa yang dimiliki yakni penghasil rumput laut dan kopra.

“Tentunya harapan kami (tim dosen) semua program yang telah disosialisasikan dapat bermanfaat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat dalam mengembangkan potensi desa sehingga memberikan dampak perubahan yang lebih baik pada masyarakat,” harap Azhar Aras Mubarak.

“Tidak menutup kemungkinan program Kosabangsa dapat berjalan dengan baik dapat mensejahterakan masyarakat, Desa Balobone dapat menjadi desa maju karena telah memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya dan potensi yang ada secara optimal, mandiri, dan berkelanjutan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Desa Balobone, Sabandia, mengucapkan terimakasih atas bantuan program Kosabangsa yang didatangkan oleh tim dosen USN Kolaka dan Unima Manado.

Ia mengatakan, 9 program Kosabangsa yang telah disosialisasikan oleh tim dosen sangat bermanfaat kepada masyarakat Balobone, terutama kelompok petani rumput laut dan kelompok karang taruna.

“Semua program Kosabangsa yang telah dijalankan sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat Balobone dalam mengembangkan usaha dari hasil potensi desa,” sebutnya.

Pelatihan program Kosabangsa ini, kata dia, akan dikembangkan oleh kelompok masyarakat untuk membuat berbagai macam usaha, baik itu usaha bakso dan kripik kemasan dari hasil hasil olahan rumput laut. Kemudian dari kelompok karang taruna akan membuat usaha pengelasan.

“Program Kosabangsa ini sangat membantu kami sebagai pemerintah desa. Sebab, banyak ilmu pengetahuan yang telah diterima warga dalam mengembangkan usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta kemajuan desa,” katanya.

“Kami sangat bersyukur dengan pembekalan ilmu dan bantuan mesin pengembangan usaha yang diberikan oleh tim dosen melalui program Kosabangsa, akan memberikan dampak perubahan yang lebih baik pada masyarakat mencapai kesejahteraan disegi pendapatan,” tambahnya.. **

Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini