Pemkab Buteng dan Unidayan Baubau Jalin Kerjasama Pendidikan, Penilitian dan Pengabdian Masyarakat

0
372
Foto bersama memperlihatkan pendatanganan kesepakatan bersama.

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) bersama Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Kota Baubau menjalin kerjasama tentang pendidikan, penilitian/pengkajian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

Pendatanganan kesepakatan bersama dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, dan Rektor Unidayan, Ir.LM. Syamsul Qomar, serta disaksikan oleh Sekretaris Daerah, H.Kostantinus Bukide, para asisten, staf ahli, kabag, dan kepala OPD, bertempat di Aula Kantor Bupati, Jum’at (3/11/2023).

Pj Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, mengatakan, kerja sama dibangun dengan Unidayan Baubau untuk membantu pemerintah daerah dari berbagai aspek persoalan yang manfaatnya dirasakan masyarakat dan daerah baik dari aspek pendidikan maupun pengabdian kepada masyarakat untuk menyalurkan ilmu pengetahuannya.

“Bentuk kerjasama saya sangat apresiasi sekali karena tujuan manfaatnya kepada masyarakat dari berbagai aspek yang akan dijalankan,” ucap Andi Yusuf kepada awak media ditemui usai kegiatan.

Saat ini, lanjut Andi Yusuf, banyak program prioritas nasional pemerintah pusat maupun daerah telah dilakukan seperti halnya mengatasi kemiskinan ekstrem, mengatasi inflasi dan stunting menjadi pokok masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Oleh karena itu, pemerintah daerah sangat membutuhkan sumbangsi pemikiran dan masukan-masukan secara ilmiah akademisi untuk mencari solusi.

“Saya berharap semoga dengan adanya kerja sama dengan Unidayan Baubau dapat memberikan kontribusi tentang penyelesaian masalah-masalah dari berbagai aspek membantu pemerintah daerah memberikan masukan-masukan secara kontrusif untuk dapat diminimalisir dengan cara berkolaborasi mencarikan jalan keluarnya,” ucap Andi Yusuf.

Ir.LM. Syamsul Qomar dan Pj Bupati Buteng saat menjelaskan tentang penandatanganan kesepakatan bersama kepada awak media

Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan Keuangan Daerah dan Desa Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) itu menambahkan, aspek lainnya dari kerjasama ini adalah dapat mengembangkan potensi daerah dari berbagai aspek bidang yakni pertanian, perikanan, pariwisata, dan hasil usaha UMKM masyarakat melalui pengkajian/penelitian untuk dapat dikembangkan.

“Setelah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama, Insyah Allah tahun 2024 akan dilihat hal-hal mana saja sifatnya strategis dapat dilakukan bersama dengan Unidayan melalui program-program yang ada di OPD,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unidayan Baubau, Ir.LM. Syamsul Qomar, mengatakan, kerja sama dilakukan Unidayan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat secara kelembagaan dengan pemerintah daerah. Unidayan memiliki sumber daya manusia dari berbagai program jurusan yang dapat dimanfaatkan.

“Tentunya dengan kerja sama dibangun, kami akan melihat potensi-potensi sangat banyak yang ada di Buton Tengah dari berbagai aspek, baik itu pariwisata, pertanian, perikanan dan aspek lainnya dan itu dapat dijadikan sebagai objek penilitian dan mengaji potensi tersebut untuk dapat dikembangkan manfaatnya kepada masyarakat,” ucapnya.

“Dan terkait program kerja prioritas daerah mengatasi kemiskinan ekstrem, mengatasi inflasi dan stunting menjadi pokok masalah yang diutarakan Pj Bupati, kami dari pihak kampus siap berkolaborasi bersama pemerintah daerah,” pungkasnya. **(ADV)

Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini