Buton Tengah, Mandalapos.co.id – Kantor Pertanahan Kabupaten Buton Tengah (Kantah Buteng) melalui Kepala Sub Bagian Pegawai (Kasubag), Irawati, mengikuti sosialisasi strategi komunikasi Publik secara daring yang diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Senin (21/07/2025).
Sosialisasi dengan tema Strategi Komunikasi, Informasi Publik dan Layanan Pengaduan ini diselengarakan melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian ATR/BPN. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Ossy Dermawan.
Saat membuka sosialisasi tersebut, Ossy Dermawan menekankan pentingnya strategi komunikasi publik (Strakom) yang tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga edukatif, partisipatif, dan transformasional.
“Komunikasi publik Kementerian ATR/BPN tidak cukup hanya menyampaikan berita seremonial penyerahan sertipikat atau merespons isu di media, tetapi juga harus secara bertahap membangun kepercayaan publik, mendidik masyarakat tentang hak dan layanan yang bisa mereka akses, serta menjadi jembatan antara negara dan rakyat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian. Jadi, informatif, edukatif, partisipatif, dan transformasional,” ujar Wamen Ossy dalam sambutannya, dikutip melalui rilis halaman Kementerian ATR/BPN.
Saat ini, lanjut Ossy, Kementerian ATR/BPN memiliki dua wajah dalam praktik komunikasi publiknya. Di satu sisi, daerah-daerah seperti Kantor Wilayah (Kanwil) dan Kantor Pertanahan (Kantah) cukup aktif dan proaktif. Namun di sisi lain, komunikasi yang dilakukan masih cenderung reaktif dan belum terintegrasi secara strategis. Oleh karena itu, Wamen Ossy menilai sosialisasi kehumasan perlu dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk mendorong perbaikan dan penguatan di semua lini. Terlebih, dalam menghadapi era banjir informasi, ia menggarisbawahi pentingnya pengelolaan persepsi publik.
“Hari ini, yang menang bukan lagi siapa yang paling keras bersuara, tapi siapa yang paling dipercaya. Trust dari masyarakat harus kita bangun. Karena begitu kepercayaan itu ada, akan lebih mudah bagi kita menyampaikan informasi dan menjalankan komunikasi publik,” ujar Wamen Ossy.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Pudji Prasetijanto Hadi, menyebut jajaran daerah di penjuru Indonesia sangat mendukung komunikasi publik Kementerian ATR/BPN sangat signifikan sebagai perpanjangan tangan dari pusat yang bertugas menyampaikan informasi kementerian secara akurat dan tepat sasaran.
“Teman-teman di daerah adalah perpanjangan tangan dari pusat. Ini perlu kita sadari agar apa yang menjadi program Kementerian bisa tersampaikan dan dimengerti oleh masyarakat di wilayah masing-masing,” kata Pudji Prasetijanto Hadi.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas dan Protokol, Harison Mocodompis, menekankan bahwa kegiatan sosialisasi ini bukan hanya menjadi pegangan bagi petugas kehumasan, tetapi juga bagi seluruh pimpinan di unit kerja masing-masing, termasuk para Kepala Kanwil dan pimpinan satuan kerja Eselon II.
“Kegiatan ini merupakan landasan bagi seluruh jajaran, tidak hanya bagi petugas humas di pusat dan daerah, tetapi juga para pimpinan. Selain memastikan program-program berjalan, kita juga harus mampu memastikan narasi-narasi positif hadir di ruang publik,” ujar Harison Mocodompis.
Kegiatan diisi dengan penyampaian materi dari berbagai narasumber, serta sesi monitoring dan evaluasi terhadap kinerja strategi komunikasi semester I.
*Laporan : Ahmad Subarjo (Biro Buton Tengah)
























