Kabupaten Jember Gelar Lomba Burung Kicau Bupati Cup 2, Diikuti Ribuan Peserta

0
78
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Bambang Rudianto

Mandalapos.co.id, Jember – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., ASEAN Eng., membuka perhelatan Lomba Burung Berkicau Bupati Cup 2 di Alun-alun Jember pada Minggu (5/5/2024) siang.

Hadir pula dalam kegiatan itu, jajaran forkopimda, pimpinan OPD, PBI Jatim dan PBI Jember.

Sekitar 1000 peserta dari berbagai daerah seperti Surabaya, Bali, Jakarta, Yogyakarta, Pemalang, Madura, Jepara dan Kabupaten Wilayah Tapal kuda, turut memeriahkan lomba burung kicau ini.

“Ada 8 klasifikasi burung yang dilombakan ialah burung cendet, kenari, anis merah, kacer, cucak hijau dan murai baru,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Bambang Rudianto.

Menurut Bambang, tujuan diadakannya lomba tersebut di antaranya membangun komunitas pecinta burung, berbagi pengetahuan, melestarikan endemik Indonesia, serta mempromosikan pariwisata di Kabupaten Jember.

“Dengan diadakan kegiatan ini, bisa memperkenalkan pariwisata Jember, meningkatkan UMKM seperti saat ini ada kurang lebih 40 tenda UMKM,” sebut Bambang.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengaku bersemangat menyaksikan perlombaan burung kicau tingkat nasional tersebut. Sebab, peserta dari Jember maupun luar Jember sangat antusias. Bahkan, ada yang datang dari Bali.

“Belum lagi, ini perlombaan kali kedua. Harapannya, tahun depan bisa digelar lebih semarak lagi. Sebelumnya, hanya membuka satu lapangan gantangan. Sekarang kita buka dua lapangan gantangan, tahun depan kita bikin empat lapangan,” ujarnya.

“Dengan begitu, bisa mendatangkan lebih banyak peserta. Khususnya, yang berasal dari luar Jember,” imbuhnya. *

*Slamet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini