Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025

0
79
Bupati Asahan bersama Bupati dan Walikota se-Sumatera Utara menaiki becak motor menuju tempat diselenggarakannya Musrenbang RKPD Provinsi Sumut Tahun 2025

Mandalapos.co.id, Asahan – Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025, di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Jumat (8/3/2024).

Ada yang berbeda dengan suasana Musrenbang Provinsi Sumut kali ini, terlihat rombongan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, serta Bupati dan Walikota se-Provinsi Sumatera Utara menggunakan pakaian adat dengan menggunakan transportasi becak.

Dalam sambutanya, Pj. Gubernur Sumut, Hassanudin, mengatakan Pemprov Sumut akan terus memperkuat hilirisasi dan kewirausahaan tahun 2025. Kedua hal tersebut diyakini dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Sumut.

Menurut Hassanudin, saat ini perekonomian Sumut belum cukup kuat, karena masih ditopang sektor pertanian. Dimana kontribusi sektor pertanian untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Sumut sebesar 23,57%, perdagangan 19,23% dan industri 18,1%.

“Tantangan Sumut ke depannya adalah memperkuat struktur ekonomi melalui transformasi struktural dengan jalur hilirisasi, sehingga ke depan perekonomian kita berciri industri pengelolaan berbasis pertanian,” kata Hassanudin, saat membuka Musrenbang RKPD.

Sektor kewirausahaan di Sumut, lanjut Hassanudin, masih didominasi pelaku UMKM sekitar 98,87%, sedangkan kategori usaha menengah dan besar masih 1,12%. Hanya saja, besarnya jumlah UMKM tidak disertai kontribusi besar pada perekonomian, karena baru mencapai 46,51%.

“Masih rendahnya produktivitas UMKM tidak terlepas dari persoalan seperti rendahnya akses permodalan, pemasaran, dan kualitas SDM, serta terkait teknologi,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Sumut, Alfi Syahriza, mengatakan musrenbang menjadi forum diskusi untuk penyelarasan program pemerintah. Sehingga pembangunan yang dilakukan selaras antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Ini bukan kegiatan seremoni, kita menyelaraskan program-program pembangunan di tahun 2025 sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bisa tercapai,” kata Alfi Syahriza.

Pada acara ini Pemerintah Kabupaten Asahan mendapatkan penghargaan Terbaik I atas Pencapaian 10 Kabupaten/Kota Terbaik se-Sumatera Utara dalam Realisasi Anggaran Belanja Tahun Anggaran 2023.

Bupati Asahan, Surya, berterimakasih kepada seluruh OPD atas kerja kerasnya sehingga mendapatkan penghargaan terbaik dalam realisasi anggaran belanja tahun anggaran 2023. Bupati berharap, prestasi ini dapat terus terjaga untuk ke depannya.

Tampak hadir mendampingi Bupati Asahan yakni Wakil Bupati Asahan, Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Asahan dan OPD.(*)

Laporan : M Nasrun Daulay

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini