Bawaslu Buton Tengah Ajak Perempuan Mengawasi Pemilu 2024

0
422
Bawaslu Buteng bersama kelompok Ibu-Ibu PKK dan Majelis Ta'lim di Kecamatan Lakudo.

Mandalapos.co.id, Buton Tengah – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) intens melakukan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif menghadapi Pemilu 2024.

Kali ini, sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipatif perempuan dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024 dengan tema “Perempuan Mengawasi”, Bawaslu Buteng menggandeng kelompok Ibu-Ibu PKK dan Majelis Ta’lim di Kecamatan Lakudo.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin langsung Ketua Bawaslu Buteng, Helius Udaya bersama Anggota Bawaslu La Ode Samlan, bertempat di salah satu hotel di Lakudo, Kamis (19/10/2023).

Ketua Bawaslu Buton Tengah, Helius Udaya, mengatakan, dalam menghadapi Pemilu 2024 seluruh elemen masyarakat dibutuhkan terlibat langsung dalam pengawasan Pemilu, termasuk peran tokoh perempuan.

“Sosialisasi ini memberikan kesadaran pemahaman politik yang baik kepada perempuan. Tujuannya setelah mengikuti sosialisasi dapat memiliki pengetahuan dasar untuk ikut terlibat secara aktif dalam pengawasan pelaksanaan tahapan pemilu 2024,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Buteng, La Ode Samlan, mengatakan, keterlibatan perempuan sangat penting untuk berpartisipasi aktif melakukan sosialisasi di lingkup keluarga dan kelompok, dalam mewujudkan pemilu yang jujur, bersih dan bermartabat.

Lanjut Kordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Buton Tengah itu menyampaikan, selain memberikan pemahaman politik, sosialisasi ini mengajak para ibu-Ibu untuk terlibat mengawasi tahapan kampanye, dan apabila menemukan pelanggaran jangan ragu melaporkannya.

“Sosialisasi juga kami meminta peran ibu-ibu untuk berani melaporkan terjadi pelanggaran Pemilu, baik melapor ke panwascam, panwas desa/kelurahan atapun langsung melaporkan ke Anggota Bawaslu untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

“Tentunya keterlibatan perempuan akan memberikan dampak baik dilingkup keluarganya dalam pencegahan pelanggaran Pemilu. Untuk itu, melalui sosialisasi tujuan sangat penting memberikan pemahaman aturan, pencegahan pelanggaran dan mengajak mareka terlibat awasi tahapan Pemilu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kelompok Ibu-Ibu PKK dan Majelis Ta’lim di Kecamatan Lakudo mendapatkan sertifikat oleh Bawaslu Buteng sebagai bentuk penghargaan berpartisipasi dalam sosialisasi “Perempuan Mengawasi”. **

Laporan : Ahmad Subarjo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini