Tahun ini BLK Natuna Buka 3 Kejuruan Pelatihan Berbasis Kompetensi Gratis

153
Kepala UPTD BLK Natuna, Raja Antoni mengatakan di tahun 2023 BLK Natuna mendapatkan 9 paket pelatihan yang terbagi dalam 3 kejuruan. (Foto: zubadri/mandalapos)

Mandalapos.co.id, Natuna – UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Natuna, kembali menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Tahun 2023.

Menurut Kepala UPTD BLK Natuna, Raja Antoni, tahun ini BLK Natuna mendapatkan 9 paket pelatihan.

“Dari 9 paket tersebut, 4 paket untuk kejuruan Apparel/menjahit, 2 paket kejuruan teknik listrik, dan 3 paket kejuruan teknik otomotif,” terangnya, Jum’at (20/1/23).

Diungkapkannya, untuk pendaftaran gelombang paket pertama telah dilakukan pada 2 Januari 2023 lalu. Sedangkan gelombang kedua untuk jurusan menjahit dibuka pada 13 Februari 2023, dan gelombang ketiga untuk jurusan otomotif serta jurusan las pada 28 Februari 2023.

Antoni mengatakan, pelatihan kerja ini merupakan kesempatan besar dan luas untuk diikuti oleh masyarakat Kabupaten Natuna.

Selain tidak dipungut biaya apapun alias gratis, peserta pelatihan juga mendapatkan uang pengganti transportasi, makan siang, dan pakaian kerja. Sedangkan khusus kejuruan teknik otomotif dan teknik listrik, peserta mendapatkan sepatu safety.

Adapun durasi pelatihan ini, sebut Antoni, untuk teknik Apparel berjumlah 220 JP atau setara dengan 28 hari, teknik otomotif 280 JP setara dengan 35 hari, dan teknik listrik 260 JP setara dengan 33 hari.

Antoni berharap kepada peserta pelatihan mengikuti dapat mengikuti dengan serius, sehingga ilmu yang telah diperoleh tidak sia-sia.

“Banyak peserta yang lulus dari BLK kini sudah membuka lapangan kerja sendiri, tergantung kemauan,” ujarnya.****

*Laporan: Zubadri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here